Jumat, 12 November 2010

Indonesia Menjadi Tuan Rumah IWAIT 2011

WAIT sendiri adalah sebuah konferensi internasional yang sejak tahun 1998 dipelopori oleh Prof. Masayuki Nakajima dari Tokyo Institute of Technology, dan Prof. Sang-Uk LEE dari Seoul National University. Dimana mereka berdua, melalui konferensi ini mengajak para akademisi, peneliti dan kalangan profesional di bidang citra terkini di negara-negara dunia bagian timur dan Asia Tenggara, agar dapat berperan aktif memaparkan hasil penelitian mereka ke masyarakat luas, bagi kemajuan teknologi dunia.
Konferensi yang diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 8 Januari 2011 di Hotel Santika Premiere Jakarta ini, akan mendatangkan 120 orang praktisi di bidang layanan jasa berbasis teknologi citra terkini dari 14 negara peserta.
Bertindak sebagai panitia penyelenggara adalah Universitas Multimedia Nusantara (UMN), P.M. Winarno, Director of Research & Community Outreach UMN, sangat bangga karena konferensi yang akan diselenggarakan selama dua hari tersebut dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan dunia teknologi citra di Indonesia.

“Diharapkan minimal 30% makalah penelitian berasal dari Indonesia, dapat disosialisasikan kepada para perguruan tinggi, institusi riset, ataupun produsen yang berada di dalam negeri,” ujar P.M. Winarno menambahkan.
Adapun terdapat enam fokus utama yang termasuk kategori teknologi citra dalam IWAIT 2011 kali ini, adalah image processing, video technologies, multimedia technologies, 3DTV/FTV (free-viewpoint TV), virtual reality dan applications.
Dari 300 makalah yang berasal dari 14 peserta di atas, terdapat 200 dari luar negeri, dan 100 lainnya berasal dari dalam negeri, yang kesemuanya akan menjadi bahan pertimbangan teknologi citra seperti apa di masa depan.


Target ini bukan hanya sekedar isapan jempol belaka, karena selain mengundang perguruan tinggi yang memiliki bidang teknologi citra, namun bagi masyarakat luas yang tertarik di bidang tersebut harus membayar US$300 (untuk interansional) dan Rp. 1.500.000,- (untuk peserta dalam negeri).

sumber : chip.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar