Rabu, 27 Oktober 2010

Tutorial Server (Bag.1)

 Dalam dunia komputer, server sejatinya merupakan salah satu varian komputer, selain PC desktop, workstation, notebook (laptop), dan consumer electronics computer yang akan kita bahas selanjutnya




1. Definisi Server

Secara harfiah, server merupakan komputer yang berfungsi untuk mengatur atau menjadi koordinator pada sistem jaringan komputer. Intinya, server merupakan induk dari semua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan. Server bertugas menangani penyimpanan, pengolahan, pendistribusian data secara terpusat, juga sebagai pusat aplikasi bersama (shared), serta pintu gerbang menuju Internet (gateway).

Misalnya : Pada sebuah warnet yang menghubungkan banyak terminal komputer (PC Klien), selalu tersedia minimal satu server yang berfungsi sebagai gateway computer. Gateway adalah server menghubunkan setiap PC klien dengan internet.

Server pasti tersedia di setiap infrastruktur sistem informasi, seperti jaringan warnet, perkantoran, online game center, Internet Service Provider (ISP), universitas, anjungan tunai mandiri(ATM), dan sebagainya.

2. Definisi Clien

Pada pengertian server, klien (atau kadang disebut PC klien) adalah perangkat komputer yang terhubung dengan server. Analoginya, server itu adalah seorang ibu, sedangkan klien sendiri merupakan anak-anaknya. Klien dapat berjumlah minimal satu komputer dan maksimal tidak terhingga. Klien juga sering disebut sebagai terminal atau  workstation (tapi bukan komputer workstation). Infrastruktur jaringan lokal (local area network) pada dasarnya adalah sistem yang terjadi antara server dan klien dalam skala tertentu.

Secara tradisional, klien biasanya adalah sebuah PC desktop, Tapi, saat ini klien bisa merupakan sebuah laptop, PDA, HP, printer, dan game console. sebagai contoh, game console Sony Playstation 3 (PS3) sudah dilengkapi LAN connector dan Wi-Fi terintegrasi yang berarti dapat menjadi sebuah klien.

Hubungan yang terjadi antara  server dan klien umumnya menggunakan dua tipe koneksi:wired/wireline (menggunakan kabel) dan wireless (tanpa kabel;nirkabel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar